Home » Uncategorized » Model Atap Baja Ringan Miring

Model Atap Baja Ringan Miring

Posted on 28/12/2022 by ◦ Views: 128x ◦ Category: Uncategorized

Atap Baja Ringan – Pemilihan desain dan Model Atap Baja Ringan yang tepat menjadi penting terutama di zaman modern sekarang ini. Oleh karena itu, eksterior rumah ini penting untuk diperhatikan dalam pemilihan modelnya. Ada beberapa model atap yang sering digunakan dalam membangun rumah. Terutama model atap yang cocok untuk tipe rumah minimalis.

Salah satu yang paling menonjol adalah atap miring yang memiliki keunggulan untuk mengalirkan air hujan lebih cepat dan efektif yang kemudian dapat memperpanjang umur atap. Untuk mendapatkan keunggulan tersebut, Anda harus mengetahui terlebih dahulu cara memasang atap miring baja ringan.

Jenis dan Bahan Atap Baja Miring

Bahan Bahan

Baja ringan terbuat dari campuran logam yang terbentuk setelah pendinginan, baja ringan cenderung tipis sehingga cocok sebagai bahan rangka atap miring yang kokoh. Sifat baja ringan dengan bobotnya yang ringan dan kelenturan yang dihasilkan dari perbandingan komposisi atom dan molekul paduan.

Jenis Baja Ringan

Ada 2 jenis baja ringan yang dijual di pasaran, yaitu baja ringan Galvanis dan baja ringan Zincalume. Kedua jenis baja ringan tersebut memiliki kualitas yang sama baiknya. Baja ringan galvanis ini terbuat dari komposisi 98% Zinc (Zn) dan 2% Aluminium (Al). Baja ringan ini tidak tahan terhadap air asin meskipun sangat tahan terhadap korosi oleh semen air.

Sedangkan baja ringan Zincalume terbuat dari 55% Aluminium (Al), 43,5% (Zinc) dan 1,5% Silicon. Meskipun baja ringan Zincalume sedikit lebih lemah saat terkena udara, baja ringan memiliki ketahanan terhadap korosi udara asin.

Rangka Atap dengan Material Baja Ringan

Dalam proses pemasangan di lapangan, rangka atap yang terbuat dari baja ringan akan lebih mudah dirakit dan dipasang. Baja ini memiliki kekuatan tarik sebesar 550 MPa, sedangkan baja biasa sekitar 300 MPa, untuk digunakan sebagai bahan rangka atap baja ringan dengan ketebalan 0,4 mm – 1 mm sudah mencukupi.

Rangka atap terdiri dari 2 bagian umum yang akan memuat aksial, yaitu badan badan dan tali busur. Rangka atap terbuat dari baja ringan yang berbentuk rangka, yang terdiri dari banyak untuk menopang, inilah yang membedakan baja ringan dengan struktur baja biasa yang berupa rangka mono atau terdiri dari beberapa batang untuk menopang.

Profil Baja Ringan

Baja ringan memiliki banyak profil, profil yang sering digunakan adalah profil C, profil UK dan profil A untuk reng. masing-masing profil tersebut memiliki kekuatan dan fungsi yang berbeda. Profil A untuk reng memiliki ketebalan 0,45-0,55 mm sebagai penutup penutup, sedangkan Profil C dan UK memiliki jenis dengan ketebalan antara 0,55-1 mm. Penggunaan baut dan tata letaknya dari baja ringan merupakan salah satu hal yang penting untuk diketahui dalam tata cara pemasangan atap baja ringan miring.

Kelebihan Model Rumah Atap Miring

Baja ringan mudah digunakan, terutama bagi Anda yang ingin memiliki rumah modern. Rangka atap baja ringan lebih fleksibel dan memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan menggunakan jenis rangka atap lainnya.

Selain itu, rangka atap baja ringan miring ini memiliki keunggulan lebih dibandingkan atap datar. Untuk pemasangan atap miring baja ringan ini, diperlukan beberapa cara khusus agar baja tetap stabil dan mampu menopang beban atap. Berikut ini akan dibahas keunggulan baja ringan untuk atap miring.

Model Fleksibel

Perlu diketahui, pemasangan rangka atap tentunya akan diketahui pada desain bangunan atau desain rumah. Dalam hal ini, rangka atap miring memiliki 2 model yaitu atap miring yang memiliki 2 sudut pertemuan di tengahnya dan model rangka atap miring tunggal.

Umumnya bangunan komersial dan industri lebih memilih menggunakan model rangka atap bernada karena mampu melindungi bangunan dari unsur alam dan memungkinkan aliran udara dari permukaan atap. Sedangkan rangka atap single sloping sering diaplikasikan pada bangunan rumah dengan desain minimalis modern.

Memiliki Nilai Estetika Tinggi

Selain estetika, pemilihan model atap sebenarnya juga harus memperhatikan karakter bangunan dari fungsionalitasnya. Karena Indonesia mencetak tropis, maka desain atap miring menjadi solusi yang paling tepat. Hal ini cukup dikarenakan atap memiliki ketahanan yang baik terhadap sinar matahari.

Tahan terhadap Tetesan Hujan

Keuntungan terakhir dari desain rumah baja ringan dengan atap miring adalah dapat mencegah air hujan keluar. Dalam hal ini, kemiringan atap akan mencegah air hujan masuk ke dalam rumah secara langsung. Nah, agar bangunan lebih aman berdasarkan air akibat hujan, maka Anda juga bisa menambahkan kanopi baja ringan dengan atap miring.

Demikian ulasan tentang Model Atap Baja Ringan Miring. Semoga bermanfaat .

Share to

Model Atap Baja Ringan Miring

Other Articles

Harga Atap Baja Ringan Plus Pasang
Harga Atap Baja Ringan Plus Pasang
Posted on 11/11/2022 by

Harga Atap Baja Ringan Plus Pasang – Baja ringan ini merupakan bahan yang dikenal kokoh dan juga anti karat. Baja ringan, biasa disebut Galvalume, sering digunakan untuk memasang rangka baja untuk k...

Rangka Atap Baja Ringan
Ukuran Rangka Atap Baja Ringan
Posted on 01/06/2022 by

Ukuran Rangka Atap Baja Ringan – Saat ini penggunaan material rangka atap baja ringan semakin diminati banyak orang. Material baja ringan dianggap sebagai solusi praktis untuk menggantikan kayu dala...

Atap Baja Ringan
Detail Atap Baja Ringan Terbaru
Posted on 11/11/2022 by

Atap Baja Ringan  – Salah satu material yang menjadi incaran banyak orang di dunia konstruksi adalah baja ringan. Bahannya terdiri dari rangka Atap Baja Ringan yang ringan dan fleksibel ser...

Pasang Plafon Pvc Sendiri
Tips Pasang Plafon Pvc Sendiri Secara Benar
Posted on 26/05/2022 by

Tips Pasang Plafon Pvc Sendiri Secara Benar – Saat ini ketersediaan bahan untuk plafon sangat beragam, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan atau desain rumah yang ingin Anda bawa....

Comment (0)

There are currently no comments available

Please write your comments

Your email address will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

*

*

Model Atap Baja Ringan Miring