Menu
Paket Terpasang

Maaf, belum tersedia paket terpasang untuk ditampilkan

Beranda » Uncategorized » Model Atap Rumah Baja Ringan

Model Atap Rumah Baja Ringan

Dipublish pada 11 November 2022 | Dilihat sebanyak 78 kali | Kategori: Uncategorized

Model Atap Rumah Baja Ringan – Dalam sebuah rumah, tentunya seseorang merencanakan berbagai macam persiapan dengan matang. Salah satunya dalam menentukan model atap rumah. Ada banyak sekali jenis bahan atap yang bisa Anda pilih. Masing-masing contoh bahan tersebut memiliki ciri dan keunikan tersendiri.

Saat ini penggunaan rangka atap kayu masih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun terkadang ada yang masih bingung dalam memilihnya, maka dari itu kami hadirkan beberapa kumpulan atap rumah minimalis untuk pembaca sekalian.

Atap Rumah Baja Ringan

Atap Rumah Baja Ringan

Ada beberapa keunggulan atap baja ringan, yang pertama mudah dipasang dan karakteristiknya menjadikan atap Baja Ringan sebagai pilihan terbaik saat membangun rumah. Dengan sifat yang ringan dan mudah dalam pemasangannya juga akan membuat waktu pemasangan atap ini menjadi lebih cepat dan dapat menekan biaya tukang.

Model Rangka Atap Baja Ringan

Atap Pelana

Jenis atap ini sangat sederhana, artistik, sederhana dan banyak digunakan pada desain rumah baik di Indonesia maupun di berbagai negara. Seperti bentuk pelana pada kuda, desain atap ini hanya memiliki dua bagian utama yang memiliki sudut kemiringan yang sama. Bentuk masing-masing sisi atap persegi, namun jika dilihat dari depan kombinasi keduanya akan tampak berbentuk segitiga dengan sudut kemiringan minimal 30 derajat.

Model atap ini sangat populer di daerah tropis seperti Indonesia dengan kemampuan menyerap panas yang sangat baik. Ujung atap yang biasa disebut bubungan, saat musim hujan berisiko bocor. Untuk mengantisipasi hal tersebut, dipasang talang air yang berfungsi untuk mengalirkan air hujan agar tidak berisiko masuk ke dalam rumah.

Selain kayu, model ini juga dapat dibangun dengan Konstruksi Atap Baja Ringan. Selain kemudahan proses pengembangan, banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan bahan tersebut, salah satunya tahan lama digunakan.

Atap Mansard

Konsep rangka atap ini sering kita jumpai di banyak film Hollywood dan disertai dengan fasilitas cerobong muncul. Sehingga rumah jenis ini biasanya dibangun oleh orang Eropa atau Amerika yang sedang musim dingin. Konsep bangunan konstruksi atap ini pada dasarnya memiliki bentuk bertingkat atau terstruktur dengan alas berbentuk persegi.

Sedangkan bagian sampingnya memiliki sudut kemiringan yang curam, dengan bagian atas yang rata. Konsep bangunan ini pertama kali diperkenalkan di Perancis dan mulai berkembang di Eropa hingga Amerika. Umumnya bagian atas atau loteng dipadukan dengan ruangan tambahan, sebagai tempat tidur utama atau gudang.

Rangka Atas Bentuk Piramida

Seperti namanya, bentuk konstruksi rangka atap model ini memiliki bentuk piramida, dengan persegi di bagian bawah dan kerucut di bagian atas. Sehingga dari depan atap terlihat memiliki bentuk segitiga. Memerlukan proses perhitungan yang tepat untuk membangun jenis atap ini, agar panjang, lebar dan tinggi sesuai dengan standar keselamatan. Apalagi dalam penerapannya bentuk sering diulang-ulang untuk mendapatkan esensi estetika dari desain rumah yang dibutuhkan.

Bentuk Atap Piramida

Konstruksi atap rangka baja ringan ini memiliki bentuk seperti kubah, atau biasa dikenal dengan atap berbentuk. Model ini merupakan pengembangan dari jenis desain atap pelana yang juga memiliki bentuk yang identik. Secara konsep, bentuk atap rumah yang satu ini memiliki dua bidang miring yang disesuaikan dengan luas dan kebutuhan desain bangunan.

Dengan empat (minimal) bagian sudut membentuk segitiga siku-siku dan sudut kemiringan yang sama (antara 30-40 derajat). Proses memainkan sudut dan bentuk yang presisi membuat rumah dengan bentuk atap ini memiliki tampilan yang artistik. Jenis ini sering dipadukan dengan permainan jendela lebar dengan tujuan kebutuhan sinar matahari yang dapat masuk secara alami ke dalam rumah.

Konstruksi Atap Baja Ringan Datar

Konstruksi desain atap ini membuat bangunan terlihat simetris dengan bentuk persegi. Dengan bagian atas dan bawah yang rata, sering digunakan dalam konsep bangunan rumah dan bangunan dengan tema minimalis modern. Bangunan dengan konsep ini biasanya dibangun tidak hanya satu lantai, tetapi seringkali beberapa lantai dengan konsep balkon yang terbuat dari tulang beton.

Sedangkan atapnya menggunakan berbagai bahan baku mulai dari asbes dan sebagainya. Untuk memperlancar aliran air hujan, konstruksi atap biasanya dibuat dengan sudut kemiringan yang sangat kecil, meskipun terlihat tidak signifikan. Hal ini bertujuan untuk mengalirkan luapan air hujan pada waktunya.

Bentuk Atap Skillion

Sekilas model atap ini memiliki perpaduan konsep atap datar dan atap pelana. Namun, bentuknya tidak presisi dan dibuat terlihat miring dengan sudut yang landai. Biasanya digunakan pada bangunan dengan konsep modern kontemporer. Konstruksi atap biasanya menggunakan material baja ringan, dengan ujung atap yang dipadukan dengan dinding vertikal.

Demikian ulasan tentang, Model Atap Rumah Baja Ringan . Semoga bermanfat.

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya
Atap Baja Ringan

Detail Atap Baja Ringan Terbaru

Dipublish pada 11 November 2022 | Dilihat sebanyak 76 kali | Kategori: Uncategorized

Atap Baja Ringan  – Salah satu material yang menjadi incaran banyak orang di dunia konstruksi adalah baja ringan. Bahannya terdiri dari rangka Atap Baja Ringan yang ringan dan fleksibel serta memiliki bobot yang ringan. Sehingga membuat rangka baja ringan ini... selengkapnya

Pasang Plafon Pvc Sendiri

Tips Pasang Plafon Pvc Sendiri Secara Benar

Dipublish pada 26 May 2022 | Dilihat sebanyak 811 kali | Kategori: Uncategorized

Tips Pasang Plafon Pvc Sendiri Secara Benar – Saat ini ketersediaan bahan untuk plafon sangat beragam, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan atau desain rumah yang ingin Anda bawa. Selain gypsum, salah satu material plafon yang saat ini banyak digunakan... selengkapnya

Kanopi Baja Ringan Atap Spandek

Gambar Kanopi Baja Ringan Atap Spandek

Dipublish pada 11 November 2022 | Dilihat sebanyak 71 kali | Kategori: Uncategorized

Gambar Kanopi Baja Ringan Atap Spandek – Mengapa harus menggunakan baja ringan? Orang pasti mencari daya tahan dan bisa bertahan hingga puluhan tahun untuk kanopi garasi Anda, kanopi carport, kanopi parkir. Untuk itu material yang tepat untuk digunakan adalah baja.... selengkapnya