Menu
Paket Terpasang

Maaf, belum tersedia paket terpasang untuk ditampilkan

Beranda » Uncategorized » Ukuran Rangka Atap Baja Ringan

Ukuran Rangka Atap Baja Ringan

Dipublish pada 1 June 2022 | Dilihat sebanyak 810 kali | Kategori: Uncategorized

Ukuran Rangka Atap Baja Ringan – Saat ini penggunaan material rangka atap baja ringan semakin diminati banyak orang. Material baja ringan dianggap sebagai solusi praktis untuk menggantikan kayu dalam penggunaannya sebagai rangka atap bangunan. Salah satu cara untuk Mengetahui Ukuran Rangka Atap Baja Ringan adalah dengan menggunakan rumus trigonometri.

Ukuran Rangka Atap Baja Ringan

Rangka Atap Baja Ringan

Rangka Atap Baja Ringan

Rangka Atap Baja Ringan

Terkait dengan ukuran dimensi, ketebalan baja ringan yang biasa digunakan pada konstruksi baja ringan umumnya memiliki ketebalan 0,75 mm sampai 1,00 mm pada batang utama rangka konstruksi. Sedangkan ketebalan reng yang digunakan berkisar antara 0,40 hingga 0,60 mm.

Baja ringan murah di daerah jogja banyak menyediakan baja ringan dengan ketebalan yang disebutkan tadi. Sedangkan ukuran tinggi profil juga bervariasi dari 70 mm hingga 100 mm dan pada tinggi reng/reng dari 31 mm hingga 60 mm. Variasi ukuran ini bertujuan untuk menyesuaikan dengan beban/kekuatan yang dipikulnya.

Kebutuhan Kaso dan Reng

Kaso dan reng merupakan bagian penting dari atap baja ringan. Dengan menghitung kebutuhan akan lebih mudah untuk memprediksi dana yang perlu disiapkan. Berikut cara menghitungnya.

Jumlah Kaso

Cara menghitung kebutuhan Kaso baja ringan bisa menggunakan rumus = (volume rangka atap x 4)/6. Berdasarkan simulasi dan data sebelumnya, jumlah Kaso yang dibutuhkan untuk rumah tipe 36 adalah = (78 x 4)/6 = 312/6 = 52 Kaso.

Jumlah Reng

Setelah kebutuhan Kaso diketahui, barulah dapat dihitung kebutuhan reng. Ini karena Kaso adalah dasar untuk memasang reng. Rumus yang digunakan adalah = jumlah Kaso x 1,2. Jadi, reng yang dibutuhkan untuk rumah tipe 36 seperti pada simulasi sebelumnya adalah = 52 x 1,2 = 62 reng baja ringan. Begitulah cara menghitung berapa batang baja ringan untuk atap rumah. Kesimpulannya, rumah tipe 36 dengan simulasi panjang 6 meter dan lebar 6 meter membutuhkan 52 Kaso dan 62 reng.

Cara Memasang Rangka Atap Baja Ringan

Setelah mengetahui cara menghitung rangka atap baja ringan, perhatikan juga cara pemasangannya. Karena beda teknik konstruksi, beda cara pembuatannya. Berikut beberapa langkah cara memasang atap baja ringan.

Memahami Bagaimana Struktur Atap

Langkah pertama adalah memahami bagaimana struktur atapnya terlebih dahulu. Dalam konstruksi atap baja ringan terdapat dua jenis yaitu batang luar atau sering disebut akord dan batang dalam yang disebut jaring.

Fungsinya untuk menampung beban aksial. Pemasangan ini berbeda dengan bila menggunakan kayu konvensional atau baja berat, cenderung tidak memiliki jaring, karena bahannya sudah berat dan kokoh. Konstruksi web ini memang memperkuat bagian atasnya namun jika tidak ditutup cenderung terlihat kurang rapi.

Memastikan Pemasangan Baut

Langkah kedua adalah memastikan pemasangan baut, mulai dari memperhatikan posisi atau jarak antar baut hingga cara pemasangannya. Mulai dari jarak antar baut, usahakan minimal tiga kali diameter baut. Selain itu, saat dipasang harus diposisikan secara vertikal dan harus tertanam sepenuhnya. Idealnya gunakan kecepatan putaran 200 hingga 250 rpm, agar baut benar-benar menancap dengan kuat.

Memastikan Setiap Bagian Harus Dipasang

Langkah terakhir adalah memastikan setiap bagian harus dipasang sesuai dengan pelat rencana. Sehingga bahan, kebutuhan, dan biaya tidak melebihi anggaran yang telah diberikan. Atap memiliki fungsi penting dalam rumah, sehingga perlu dipahami bagaimana atap itu diproduksi.

Selain teknik dan metode pemasangan, bahan penyusunnya juga harus diperhatikan. Pastikan bahan penyusunnya sesuai dengan standar nasional. Anda bisa memilih kami sebagai distributor rangka atap baja ringan berkualitas. Untuk itu harus diperhatikan dan diperhatikan dengan seksama cara menghitung rangka atap baja ringan yang akan digunakan.

Contoh Penggunaan Baja Ringan

Pagar

Sebagai wajah rumah Anda, pagar yang terbuat dari baja ringan merupakan pilihan yang aman, kuat dan juga cocok untuk tempat tinggal anda. Dengan banyaknya pilihan warna baja ringan dan pilihan desain, Anda dapat menemukan pagar yang sesuai dengan bangunan dan area outdoor Anda.

Pintu Garasi

Baja ringan bisa menjadi pilihan bagi anda yang menginginkan pintu garasi yang kuat, awet, mudah perawatannya dan tidak akan dimakan rayap. Selain pagar, pintu garasi merupakan salah satu fitur yang paling sering di lihat di rumah Anda, jadi penting untuk memilih bahan dan warna yang enak dipandang. Pintu garasi baja ringan berlapis warna sangat cocok dengan atap baja ringan dan pagar rumah Anda.

Selokan

Terbuat dari baja ringan, talang akan tahan korosi dan tidak mudah retak. Pilih baja ringan yang dilapisi cat berwarna agar talang Anda mendukung tampilan eksterior dan memiliki warna yang serasi dengan atap baja ringan di rumah.

Kanopi

Pemilihan baja ringan untuk kanopi merupakan solusi ideal karena dapat menyatu sempurna dengan rumah, tahan lama, kuat dan mudah perawatannya. Kanopi dari baja ringan juga menawarkan cara praktis untuk melindungi pintu dan jendela rumah Anda dari sinar matahari dan hujan. Dengan baja ringan berwarna, Anda bisa mendapatkan kanopi dengan tampilan yang Anda inginkan.

Demikian ulasan tentang, Ukuran Rangka Atap Baja Ringan. Semoga bermanfat. Jangan lupa untuk jasa pasang rangka atap baja ringan percayakan ke BajaRinganPrambanan.com

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya
Atap Baja Ringan

Detail Atap Baja Ringan Terbaru

Dipublish pada 11 November 2022 | Dilihat sebanyak 76 kali | Kategori: Uncategorized

Atap Baja Ringan  – Salah satu material yang menjadi incaran banyak orang di dunia konstruksi adalah baja ringan. Bahannya terdiri dari rangka Atap Baja Ringan yang ringan dan fleksibel serta memiliki bobot yang ringan. Sehingga membuat rangka baja ringan ini... selengkapnya

Kanopi Baja Ringan Atap Spandek

Gambar Kanopi Baja Ringan Atap Spandek

Dipublish pada 11 November 2022 | Dilihat sebanyak 71 kali | Kategori: Uncategorized

Gambar Kanopi Baja Ringan Atap Spandek – Mengapa harus menggunakan baja ringan? Orang pasti mencari daya tahan dan bisa bertahan hingga puluhan tahun untuk kanopi garasi Anda, kanopi carport, kanopi parkir. Untuk itu material yang tepat untuk digunakan adalah baja.... selengkapnya

Rangka Atap Baja Ringan

Ukuran Rangka Atap Baja Ringan

Dipublish pada 1 June 2022 | Dilihat sebanyak 810 kali | Kategori: Uncategorized

Ukuran Rangka Atap Baja Ringan – Saat ini penggunaan material rangka atap baja ringan semakin diminati banyak orang. Material baja ringan dianggap sebagai solusi praktis untuk menggantikan kayu dalam penggunaannya sebagai rangka atap bangunan. Salah satu cara untuk Mengetahui Ukuran... selengkapnya